Cara memperkenalkan Early grammar Part of Speech yang mudah kepada anak

 Part of Speech dalam bahasa inggris adalah jenis-jenis kata atau kelas-kelas kata. Bagian dari ucapan atau bagian-bagian kata untuk membentuk suatu kalimat. Berikut adalah kata-kata di bagian Part of Speech

1. Nouns
This part of a speech refers to words that are used to name persons, things, animals, places, ideas, or events
  Kita dapa belajar bersama dengan anak dengan menjelaskan bahwa noun itu adalah nama dari
a. Proper : kata benda proper harus di awali dengan capital letter biasanya digunakan untuk nama orang, tempat dan things
Contohnya : 
  • person contohnya : Selly, Justin, Edward, Billy and etc.
  • place contohnya : river, mountain, park, street, town and etc.
  • things contohnya : Game of Throne, The good Dinosaurus and etc 
  • building contohnya : School, bank, hospital, library, cinema and etc.
  • date contonhya : nama-nama hari, bulan, perayaan agama.
b.Common : Untuk common biasanya untuk nama benda-benda mati dan juga benda yang absctarck.
  • Abstrack Noun : biasanya abstrack noun tidak bisa kita lihat  atau sentuh contohnya : happiness, sadness, bravey.
  • Common noun : common nouns are the opposite of proper nouns. Untuk benda mati contohnya : table, chair, ruler, cupboard, and etc. Kita dapat mengajarkan kepada anak dengan cara " everything we can see has a name " kemudian minta anak untuk menyebut nama benda yang mereka lihat. Cara ini akan mudah untuk mereka mengerti.


2. Verbs
Verb is an action word. Verb adalah kata kerja atau suatu tindakan yang orang lakukan. Agar anak lebih cepat mengerti kita dapat mengatakan "verb is doing words" contohnya run, jump, sit, cry, laugh, cut, play and etc. Sebagai contoh kita dapat meminta anak untuk melakukan sesuatu seperti mereka lari, duduk, menulis atau sebagianya. Dengan cara seperti itu anak dapat mengerti makna verb. Jangan lupa ajarkan anak untuk menambahkan "to"  sebelum verb jika mereka ingin melakukan kata kerja (Verb) contohnya: I want to play,

3. Adjectives
An adjective is a word that describes a noun or pronoun. Adjective dalam bahasa indonesia disebut dengan kata sifat. Jika kita, memperkenalkan kepada anak dengan cara diatas mungkin anak akan sulit mengerti. Agar anak dapat mengerti kita dapat menjelaskan dengan cara minta anak menyebutkan satu noun misalnya dia menyebutkan "bag", kemudian minta anak untuk menggambarkan (describe) tas tersebut. Misalnya, anak mengatakan "small" nah kita hany perlu memberitahu anak bahwa small itu adalah adjective word dan harus di tempatkan sebelum kata benda sehingga menjadi " a small bag".Cara ini akan membantu anak mengerti secara mudah makna adjective.

4. Adverbs
An adverb is similar to an adjective, but describes a verb rather than a noun. Jadi adverb itu untuk menerangkan kata kerja (verb), biasanaya adverb untuk menerangkan bagaimana, dimana, seberapa sering kata kerja itu di lakukan. Untuk mengajarkan kepada anak kita dapat melakukan hal yang sama seperti diatas minta anak untuk menyebutkan satu kata kerja yang mereka ingin lakukan. Misalnya anak menyebutkan " to swim" kemudia minta anak bagimana nanti dia akan berenang cepat (quickly) atau lambat (slowly) biasanya untuk adverb akan ditambahkan ly pada akhir kata kerja (verb) contoh quick= quickly, interested= interestedly and etc. Jika anak menyebut " slowly" maka kita dapat mengajarkan untuk menaruh adverb di belakang kata kerja menjadi " to swim slowly". Dengan cara seperti ini, anak agak mudah mengerti fungsi dari adverb.

5. Prepotition
Prepotiton a word or group of words that combines with a noun or pronoun to form a phrase that usually acts as an adverb, adjective, or noun. Kata depan dalam bahasa inggris atau Preposition adalah bagian dari part of speech yang digunakan untuk menghubungkan kata benda, kata ganti, atau frase dengan kata lain dalam sebuah kalimat. Kata ganti biasanya terletak didepan kata benda atau kata ganti.
Biasanya prepotition untuk pemula bagi anak-anak yaitu in, at, on, behind, in front of, beside/next to. Kita dapat memperkenalkan preposition ini dengan menggunkan benda atau dengan gambar.
Hasil gambar untuk preposition of place
Contoh cara memperkenalkan prepotion kepada anak menggunakan gambar

6.Conjunction
The conjunction is the part of speech used as a “joiner” for words, phrases, or clauses in a particular sentence. Conjunction adalah kata atau kelompok kata yang berfungsi menghubungkan dua kata, frasa (phrase), klausa (clause), atau paragraf (paragraph). Biasanya Conjunction yang biasa untuk anak adalah for, and, but, or, so. Kita dapat memperkenalkan fungsi dari setiap conjunction contohnya:
1. For  = My mom make a cake for me.
2. and = Jenny loves cat and dog.
3. But =  My dad wants to buy me a doll, but he is busy.
4. Or = Justin is confused he will buy ice cream or a toy.
5. So = He comes late today, so teacher give him a punishment.
Kita dapat memberikan contoh kalimat seperti itu agar anak dapat mengerti makna dari conjunction.

7. Pronoun
A pronoun is a part of a speech which functions as a replacement for a noun.
Pronoun adalah kata untuk menggantikan kata benda contohnya adalah: I, it, he, she, mine, his, hers, we, they, theirs, and ours.
Jelaskan kepada anak bahwa pronoun di bagi lagi dalam plural dan singular.
Singular digunakan untuk benda yang hanya satu dan untuk pronounnya dan cara mengajarkannya kepada anak:
I                         = (first person singular) point to self
you                     = (second person singular) point to someone else
he                       = (third person singular) point to a boy
she                     = (thrid person singular) point to a girl
it                        = (third person singular) point to the floor or something else (objects)
we                      = ( first person plural) point to a circle to include self and others
you                     = (second person plural ) point to two other people
they                    = ( third person plural) point to another people
Dengan cara seperti ini anak akan cepat mengerti dan makna dari pronoun singular maupun plural.

8. Interjection
This part of a speech refers to words which express emotions. Bagian dari yang satu ini hanya untuk mengekspresikan emosi seseorang contohnya : ouch! oh! yeay! wow! and etc.
contoh kalimat : Wow ! their performance is awesome
                        Yeay! finally i got my favorite doll


Itu adalah bagian dari part of speech yang dapat kita perkenalkan kepada anak-anak dengan cara yang sampaikan mudah-mudahan membantu ya :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara cepat mengajar anak membaca bahasa inggris menggunakan phonic sound

English Grammar (Adjectives)