Cara cepat mengajar anak membaca bahasa inggris menggunakan phonic sound



Cara mengajarkan anak membaca 3 huruf menggunakan phonic sound dengan cepat

Haiii mom mungkin mommy mau tahu neh bagaimana cara mengajarkan anak  agar cepat membaca dalam bahasa inggris. Sekarang bahasa inggris tidak asing lagi bagi kita dan sekarang sudah banyak orang sudah bisa berbahasa inggris. Selain itu, sudah banyak juga sekolah yang menggunakan pengantar bahasa inggris disekolah.
Nah, saya akan menjelaskan bagaimna cara mengajari buah hati anda yang sedang duduk di bangku TK ( taman kanak-kanak) dapat membaca 3 huruf dalam bahasa inggris menggunakan metode phonic sound. Jika mommy sudah pernah mendengar motede ini sebelumnya, mungkin akan lebih mudah untuk mommy mengerti. Metode phonic sound ini mengajarkan anak membaca menggunakan bunyi(sound) setiap huruf (alphabet) dan menurut saya mengajarkan anak membaca menggunakan metode phonic sound lebih mudah dan lebih praktis dibanding metode yang lainnya.
Hal yang pertama yang kita ajakrkan adalah bunyi dari setiap alphabet. Mommy dapat memperkenalkan kepada anak dengan cara “ this is letter..... the sound is .....”
 A (eh)                  B(bh)                     C (kh)                    D (dh)                   E (e)                       F (fff)
G (gh)                   H (hhh)                   I (i)                         J (jh)                    K (kh)                  L (lll)
M (mmm)              N (nnn)                 O (o)                      P (ph)                    Q (qh)                   R (rrr)
S (sss)                   T (th)                     U (ah)                   V (vh)                    W (wh)                 X (ks)
Y (yh)                    Z (zzz)

Untuk bunyi yang diulang tiga kali seperti fff, mmm itu artinya bunyi disebut sedikit lebih panjang. Selain itu Mommy juga dapat membantu anak mengenal/mengingat bunyi dengan menyebut benda yang di mulai dari huruf awal (beginning sound) contoh:
A (eh)  for apple
B (bh) for Bee
C (kh) for cat  dan seterusnya sampai huruf  Z

Untuk penghafalan bunyi dari alphabet lebih baik anak di perkenalkan bunyi dari huruf vowel (huruf hidup) terlebih dahulu yaitu a, i, u, e, o. Karena dengan mengahafal huruf vowel terlebih dahulu akan lebih mudah untuk mommy mengajarkan anak membaca. Karena, dalam bahasa inggris 3 phonic letters word huruf tengah (middle sound) hanya menggunakan huruf vowel.

Dalam penghafalan bunyi mommy dapat menggunaka 3 periode lesson..
1. This is... (perkenalkan bunyi dari setiap huruf yang ingin mommy perkenalkan)
2. Show me .... ( minta anak untuk menunjukkan huruf dari bunyi yang mommy sebutkan)
3. What is the sound of this letter .. ( tanyaka bunyi dari huruf yang mommy tunjuk).
Dengan pengulangan 3 kali seperti ini akan sangat membantu anak mengingat bunyi dari setiap huruf dengan mudah mom.

Mommy dapat mengajarkan/memperkenalkan kepada bunyi (sound) tersebut 3-5 huruf setiap hari. Jangan lupa untuk menanyakan kembali bunyi yang sudah diajarkan ya agar ada tidak lupa J. Setelah itu mommy dapat mengajar anak bermain dengan menebak huruf awal (beginning sound)  contoh “ what is the beginning sound of sun?” , huruf tengah (middle sound), dan huruf akhir (ending sound). Biasanya, anak akan lebih mudah menebak huruf bunyi awal (middle sound) dan bunyi akhir (ending sound). Sedangkan bunyi tengah (middle sound) lebih sulit nah, inilah mengapa anak diajarkan vowel terlebih dahulu,  mommy dapat meminta anak menebak dari huruf vowel ( a, i, u, e, dan o) manakah bunyi tengah yang tepat.  Kegiatan menebak bunyi dapat dilakukan menggunakan worksheet agar anak juga dapat tahu cara penulisan huruf-huruf. Untuk mendapatkan worksheet mommy dapat mencarinya di google.
Hasil gambar untuk beginning sound of 3 letters word worksheets
Contoh soal worksheet beginning sound
Hasil gambar untuk beginning sound of 3 letters word worksheets
Contoh soal Middle sound
Hasil gambar untuk ending sound of 3 letters word worksheets
Contoh soal ending sound
Contoh
Pig = p ( beginning sound), i (middle sound), g (ending sound).
Map = m (beginning sound), a (middle sound), p (ending sound)
Agar anak dapat mengenal bunyi lebih mudah sebaiknya, mommy menyebutkan kata-kata lebih lambat contoh pig = pppiiigggg
Jangan lupa ya mom, jika anak dapat menyelesaikan worksheet/pekerjaan mereka dengan baik berikan pujian. Megapa, karena anak akan lebih semangat belajar dan mereka senang jika di puji dengan kata-kata yang baik .
Setelah anak sudah dapat menghafal/mengingat semua bunyi dari setiap huruf-huruf maka, mommy sudah bisa mengajarkan anak membaca. Hal yang pertama dapat diajarkan adalah membaca 2 huruf seperti in, on, at dan lain-lain.
Contohnya cara membaca dua huruf in dan at. Mommy menanyakan kepada anak bunyi i “ what is the sound of this letter?”  dari huruf i dan bunyi dari huruf n. Setelah anak dapat menyebutkan dengan benar mommy mulai mengajarkan anak menggabungkan 2 bunyi dari huruf tersebut.
I (i)         +             n (nnn) = in
a (eh)    +             t (th)      =at
lakukan cara yang sama untuk  kata-kata yang lain yang mom.
Mommy juga dapat memberikan worksheet kepada anak. Mommy dapat mencari/mendapatkan worksheetnya di google
Jika anak sudah dapat membaca 2 huruf dengan baik. Nah, itu berarti anak sudah siap untuk belajar membaca 3 letters phonic words (3 huruf). Kita dapat mengajarkan dengan menggunkan family words ( at, et, in, ug, og, ox, dan lain-lain ) mommy dapat melihat/mencari listnya di google.
Cara mengajarkan membaca 3 huruf kepada anak. Mommy dapat memilih family word yang mana dulu yang akan mommy ajarkan. Berikut cara mengajarkan  contoh untuk words families ug dan og
                ug                                                                                                           og          
Mug = tanyak awal bunyi lebih dulu + bunyi ug                 Dog = tanykan awal bunyi lebih dulu        
                                                                                                 bunyi og                                               
m (mmm) +ug (agh) = mug                                               d (dh) + og (ogh) = dog
lakukanlah cara yang sama untuk family words yang sama


Ug
·         rug
·         log
·         bug
·         jug


Og
·         log
·         jog
·         hog
                                           ·  fog                                        



Hasil gambar untuk family word list of 3 letters phonic words
contoh words families of 3 letters phonic words

Lakukanlah cara yang sama untuk family words atau kata-kata yang lain sampai menurut mommy anak dapat membaca secara mandiri tanpa bantuan mommy.

Selain family words ada juga 3 letters phonic words yang tidak menggunakan family words dapat digunakan dengan cara yang sama ya mom seperti mengajarkan diatas. Cara membaca dengan menggabungkan middle sound ending sound terlebih dahulu kemudina beginning sound digabungkan dengan middle+ending sound.

Biasanya, pengalaman yang saya alami dalam mengajar 3 letters phonic words jika anak  sudah dapat menggabungkan bunyi awal (beginning sound)  dan family words (middle+ending sound) dengan baik maka mereka sudah dapat membaca 3 letters phonic words dengan mandiri.  karena, mereka sudah tahu caranya.
Untuk menigkat kemampuan membaca anak mommy dapat mendownload list dari 3 letter phonic words di google atau di http://thehelpfulgarden.blogspot.co.id/2011/11/pink-reading-series.html

Jangn lupa juga mom mengetes kemampuan speliing anak  dengan memberikan worksheet kepada anak cukup 1 lembar saja sehari. Jangan terlalu banyak ya mom, dan jangan lupa berikan pujian atau reward kepada anak jika dia dapat mengerjakan worksheer/pekerjaannya dengan baik.
Itulah cara mengajarkan anak membaca 3 huruf dalam bahasa inggris. Nanti saya juga akan menjelaskan bagaimana mengajarkan anak mengenal sight words dan early grammar kepada anak ya mom. Jika, ada yang mommy belom mengerti atau ingin tahu lebih jelas dapat memberi komentar yah mom . Jangan lupa share ya jika menurut mommy artikel ini sangat membantu dan berguna agar, mommy  yang lain juga tahu bagaimana mengajarkan anak mereka membaca menggunakan phonic sound.
Thank you for reading my article. God bless...

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

English Grammar (Adjectives)

Cara memperkenalkan Early grammar Part of Speech yang mudah kepada anak